Waspada Mata Kuning, Ini Berbagai Penyebabnya – SehatQ

 

Mata kuning merupakan sebuah kondisi kesehatan yang harus diperhatikan. Sebab dengan demikian, merupakan indikasi adanya penyakit tertentu. 

Contohnya adalah batu empedu atau penyakit kuning. Kondisi ini dapat mengakibatkan keparahan hingga harus mendapatkan penanganan secara medis. 

Mata kuning yang harus diwaspadai

Apabila Anda mengalami mata kuning artinya tubuh memberikan sinyal adanya sebuah penyakit. Salah satu penyakit gangguan tersebut dikaitkan dengan adanya penyakit kuning. 

Namun, harus diketahui bahwa warna mata dapat memberikan sinyal kondisi tubuh mengenai penyakit lain. Dari semuanya itu akan perlu penanganan yang serius dari dokter. 

Umumnya mata kuning terjadi pada putih mata atau biasa disebut dengan sklera. Perubahan warna menjadi kuning dan sangat pucat. 

Keadaan ini akan dikaitkan dengan gangguan yang terjadi pada kesehatan berapa organ tubuh. Contohnya adalah kantung empedu, pankreas dan organ hati.

Penyebab berbagai jenis mengenai mata kuning

Seperti dijelaskan bahwa mata kuning dapat diindikasikan sebagai penyakit gangguan kandung empedu atau organ hati. Selain itu  kondisi ini selalu berkaitan dengan penyakit kuning. 

Penyakit kuning pada tubuh

Penyebab terjadinya perubahan warna mata yang menjadi kuning. Akibat adanya penumpukan yang bernama zat bilirubin di area aliran darah. 

Selain itu, perubahan mata ini menyebabkan kulit seseorang menjadi sangat kuning. Penyakit tersebut biasanya menimpa pada bayi yang baru dilahirkan. 

Namun, sebagian besar terdapat pula orang dewasa juga mengalami hal demikian. Biasanya hal ini berkaitan dengan adanya penyakit kanker pankreas atau hepatitis.

Penyakit batu empedu

Bagi Anda yang mengalami perubahan warna mata menjadi sangat kuning. Artinya tubuh mengalami gangguan penyakit batu empedu. Gejala lain yang ditimbulkan secara bersamaan adalah adanya nyeri dada, muntah  mual perut kanan atas sering nyeri.

Penyakit sirosis hati

Adanya kerusakan yang terjadi pada tubuh, yaitu organ hati dapat disebabkan oleh adanya jaringan parut yang terdapat pada organ tubuh. Keadaan seperti ini disebut dengan sirosis hati. 

Dengan demikian, dapat mempengaruhi kerja dan fungsi dari hati. Dimana dapat menyebabkan warna mata menjadi sangat kuning. Gejala lain yang ditimbulkan, yaitu nafsu makan yang menurun  berat badan menurun secara drastis dan sering mudah lelah.

Sakit adanya gangguan pankreas

Selain penyakit batu empedu terdapat pula penyakit gangguan pankreas yang dapat menyebabkan warna mata kuning. Di mana saluran empedu dan saluran pankreas bergabung menjadi satu lalu mengalirkan empedu pada usus kecil. 

Ketika pankreas mengalami tersumbat maka empedu tidak mampu mentransfer dengan baik. Inilah yang menimbulkan perubahan pada mata.

Penyakit kelainan darah

Penyakit selanjutnya yang membuat mata berubah adalah adanya kelainan darah yang dapat memicu perubahan warna mata. Gejala Ini menimbulkan anemia hemolitik serta sel sabit. 

Reaksi yang ditimbulkan adalah darah mengalami ketidakcocokan ketika transfusi darah sedang berlangsung. Inilah yang menyebabkan perubahan pada warna.

Karena mengalami efek samping obat

Selanjutnya adalah perubahan yang terjadi karena penderita alergi terhadap obat atau obat yang dikonsumsi dalam waktu yang sangat panjang. Hal ini dapat menyebabkan perubahan pada warna mata.

Jika Anda mengalami Penyakit ini segeralah menghubungi dokter. Agar segera ditangani apabila tidak segera ditangani maka kondisi lain akan muncul. Dengan adanya nyeri, demam, buang air besar berdarah serta perut terasa nyeri.

 

Bagi Anda yang ingin terhindar dari mata kuning. Sebaiknya terapkanlah pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit tersebut. Bisa juga Anda menghubungi sehatq yang dapat membantu permasalahan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.